Mengobati Sakit Punggung Dengan Terapi Bicara

Sakit punggung tidak hanya dirasakan oleh orang yang sudah berusia lanjut. Laki-laki dan perempuan yang terlalu sering duduk atau membawa barang berat juga bisa dilanda nyeri punggung. Tapi ternyata membicarakan tentang sakit punggung dapat membantu meringankan rasa sakit.

Studi ini melibatkan ratusan orang dewasa yang memiliki masalah sakit punggung kronis. Hasil penelitian ditemukan pasien yang mendapatkan kursus singkat terapi bicara mendapatkan manfaat pengurangan rasa sakit di bagian punggungnya.

Berdasarkan laporan Lancet didapatkan dengan melakukan diskusi selama 9 jam dan pemberian berbagai saran, pasien dapat merasakan perbedaan yang signifikan dalam hal pengurangan rasa sakit dan kekakuan serta dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Dibandingkan dengan pengobatan lain yang menghabiskan banyak uang seperti fisioterapi atau akupuntur, terapi bicara ini dapat memberikan manfaat cara membantu pasien dengan lebih mudah serta relatif lebih murah sehingga dapat mengurangi rasa sakit punggung yang dialaminya hampir setiap hari.

Rata-rata pasien sakit punggung kronis dapat menghabiskan banyak uang untuk obat-obatan, fisioterapi, akupuntur, operasi atau pengobatan lainnya. Hal ini juga bisa mempengaruhi penurunan produktifitas dari orang tersebut.

Tim dokter dari Warwick University melibatkan 700 laki-laki dan perempuan yang mengalami sakit punggung kronis. Semua pasien diberikan saran tentang menghindari bedrest, tetap aktif serta menggunakan obat penghilang rasa sakit. Dua pertiga pasien diberikan sesi terapi dengan memberinya waktu untuk berbicara dan berpikir mengenai rasa sakitnya dan ketidakmampuan beraktivitas.

Pasien didorong untuk berpikir positif dan secara bertahap menjadi lebih aktif dengan melakukan olahraga atau hobi yang menyenangkan. Setelah setahun melakukan terapi ini, peserta yang mendapatkan terapi bicara lebih bisa meningkatkan kualitas hidup serta mengurangi rasa sakit dipunggungnya sebesar dua kali lipat.

"Perawatan yang baik bisa memperbaiki kualitas hidup serta memberikan pengobatan yang efektif terhadap sakit punggung akut atau kronis agar bisa beraktivitas kembali," ujar Profesor Sarah Domba, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (1/3/2010).

Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Dr Laxmaiah Manchikanti seorang ahli sakit punggung dari Amerika Serikat menuturkan hasil yang didapatkan dari terapi ini cukup mengsankan. Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan ini lebih baik dibandingkan perawata akupuntur atau yang lainnya.

"Secara keseluruhan terapi ini menunjukkan hasil yang baik dan bisa menjadi pilihan pengobatan yang baik untk dokter atau perawat saat menangani masalah sakit pungggung pasiennya," ujarnya.






taken by detikhealth.com

0 Responses

    About Me

    Followers

    Translate my blog

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    Pasang Translate di Blog Kamu