Cuka, Pembersih perabot dan pakaian

Cuka? Cairan berasa asam yang sering dipakai untuk bumbu asinan dan menambahkan rasa sedap pada makanan ini terbuat melalui proses enzimatik dengan bantuan bakteri dan mengalami proses fermentasi dari alcohol menjadi asam asetat.
Selain sebagai penyedap makanan ternyata cuka mempunyai segudang manfaat yang berhubungan dengan pakaian dan perabot rumah tangga. Misalnya:
1. Menghilangkan bau pipis bayi pada pakaian

Campurkan satu cangkir cuka ke dalam air bilasan terakhir saat mencuci pakaian bayi. Cuka akan membantu menghilangkan asam pipis bayi dan sisa-sisa sabun pada pakaian bayi sehingga pakaian bayi akan terasa lebih lembut dan segar.
Hal ini juga berlaku untuk pakaian orang dewasa. Cuka tidak akan merusak kain, tapi justru dapat membantu menghilangkan kandungan alkali dalam sabun.
2. Mempertahankan warna pakaian dan menghilangkan bekas deodorant

Rendamlah pakaian berwarna cerah dengan cuka putih selama beberapa menit sebelum dicuci. Sementara untuk menghilangkan bekas deodorant di bagian ketiak baju, anda dapat mengucek bagian ini dengan cuka putih. Kemudian cuci seperti biasa.
3. Menghilangkan karat pada perabotan dapur

Untuk perabotan yang terbuat dari metal dan besi, gunakan handuk atau kain kemudian basahilah dengan cuka, gosokkan pada baian yang berkarat sampai bersih.
4. Menghilangkan noda minyak di panci/wajan.

Rendam panci/wajan berminyak dalam air cuka selama beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih.
0 Responses

    About Me

    Followers

    Translate my blog

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    Pasang Translate di Blog Kamu