Sembilan Kudapan Sehat Kaya Protein

KUDAPAN bernutrisi sangat dibutuhkan untuk menemani aktivitas Anda. Sayangnya, kesibukan membuat banyak orang mengonsumsi makanan yang mudah diperoleh, umumnya tinggi karbohidrat, lemak serta rendah protein.

Meskipun belum ada anjuran baku mengenai jumlah asupan protein harian, laki-laki dengan postur tubuh normal dianjurkan mengonsumsi satu gram protein per 1,1 kilogram berat badan. Karena itu, laki-laki dengan berat badan 90 kg sebaiknya mengonsumsi sekitar 82 gram protein melalui diet per hari.

Jika Anda merasa belum memenuhi anjuran ini atau jika Anda sedang mencari alternatif kudapan bernutrisi, berikut makanan bernutrisi kaya protein tapi rendah lemak dan karbohidrat yang bisa menjadi pilihan Anda:

Dendeng (beef jerky). Percaya atau tidak, makanan klasik ini merupakan pilihan yang sehat. Satu ons dendeng mengandung sekitar 70 kalori dan satu gram lemak, tapi mengandung sekitar 11 gram protein. Akan tetapi, brands yang dijual di pasaran seringkali kaya garam. Jika tertarik menjadikan makanan ini sebagai kudapan, ada baiknya membaca label dan memilih versi sehat sebelum membeli.

Putih telur. Putih telur dari sebutir telur hanya mengandung 15 kalori, bebas lemak dan kolesterol serta mengandung empat gram protein. Untuk mendapatkan makanan kecil bernutrisi, cobalah membuat omelet putih telur dari tiga butir telur. Anda bisa menambah bumbu dan bawang putih untuk memperkaya rasa.

Cottage cheese dan buah. Setengah cangkir cotage cheese (2%) rata-rata mengandung 16 gram protein dengan hanya 102 kalori dan dua gram lemak (berbeda dengan jenis keju lain yang umumnya kaya lemak). Jika protein tinggi bukan tujuan utama Anda, cobalah padukan dengan buah segar untuk mendapatkan kudapan sehat.

Tuna. Tuna merupakan makanan kaya protein, mengandung sekitar 25 gram per kaleng. Satu kaleng tuna dalam air mengandung sekitar 11 kalori dan bebas lemak. Jika hendak membuat sandwich, batasi mayones, yang umumnya kaya lemak.

Protein bar. Meskipun Anda bisa menemukan beragam jenis di pasaran, jangan lupa bahwa tidak semua protein bar itu sama. Protein bar merupakan kudapan tinggi protein. Tapi, hindari bar yang kaya karbohidrat dan lemak.

Shakes. Sama seperti bar, banyak protein shakes komersial yang kaya karbohidrat. Pilihlah produk yang mengandung 20 gram protein, dua gram lemak dan hanya dua karbohidrat per sendok.

Kacang polong. Meskipun kelihatannya tidak menggugah selera, memasukkan segenggam penuh kacang polong ke dalam sup atau salad akan membantu menambah asupan protein Anda. Satu cangkir kacang polong mengandung sekitar 230 kalori, satu gram lemak dan 18 gram protein.

Selai kacang. Satu sendok makan selai kacang mengandung sekitar empat gram protein, delapan gram lemak dan 95 kalori. Untuk menambah energi, oleskan selai kacang ke roti whole wheat (60 kalori dan satu gram lemak) dan gunakan potongan pisang sebagai topping.

Oatmeal. Menurut personal trainer Aubyn Garstang, seperti dikutip situs askmen.com, banyak laki-laki yang berusaha mencintai oatmeal untuk menyeimbangkan protein dan karbohidart. Satu bungkus oatmeal instan mengandung sekitar lima gram protein, 105 kalori dan dua gram lemak

sumber : http://www.mediaindonesia.com/
0 Responses

    About Me

    Followers

    Translate my blog

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    Pasang Translate di Blog Kamu